TOYOTA NASMOCO MAGELANG | UJI TABRAK TOYOTA PRIUS
16098
post-template-default,single,single-post,postid-16098,single-format-standard,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-theme-ver-10.1.1,wpb-js-composer js-comp-ver-5.0.1,vc_responsive
 

UJI TABRAK TOYOTA PRIUS

UJI TABRAK TOYOTA PRIUS

 

Dalam memproduksi sebuah kendaraan salah satu tahapan yang wajib dilakukan adalah uji tabrak. Begitupun dengan produsen mobil ternama Toyota. Di Jepang, Toyota memiliki fasilitas khusus untuk tes tabrak, letaknya berada di Higashi Fuji, Shizuoka, Jepang.

Mengambil sampel dari berbagai pengujian kendaraan, salah satu pengujian yang dilakukan yaitu pada model Prius terbaru. Pengujian yang dilakukan kali ini adalah oblique frontal crash test atau pengujian tumbukan frontal depan sudut samping.

Dalam ilustrasinya, Prius akan ditabrak oleh trolly berbahan dasar alluminium honey comb yang memiliki berat 2,5 ton. Pada area uji, tengah disinari lampu terang dari 4 sisi, lantai uji terbuat dari kaca tebal, kamera dipasang di berbagai sudut untuk merekam proses uji termasuk di bawah lantai kaca tersebut. Prius diparkir di spot uji. Sirine dinyalakan untuk menandai bahwa akan ada pengujian kendaraan. Operator telah mempersiapkan trolly yang nanti akan tiba-tiba muncul dari arah depan Prius dengan kecepatan 90 kjp.

Beberapa detik setelah ditekan start, trolly pun melaju dan menghantam Prius yang terparkir di area uji. Trolly menabrak sisi depan sebelah kiri mobil Prius. Setelah tabrakan yang sangat keras, mobil Prius langsung terhempas dan sempat berputar 2 kali menjauhi lokasi semulam, begitupun dengan trolly.

Hasil dari benturan tersebut didapat bahwa Prius nampak ringsek cukup parah. Apron merangsek ke arah dinding mesin dan kabin, aki dan power control berubah posisi sedikit menempel ke firewall, fender kiri menempel ke ban, suspensi dan kaki-kaki kiri mobil rusak parah, kaca depan remuk namun tidak hancur.

Beberapa panel body terutama pada bagian depan, bergeser namun panel pintu dengan pilar hanya bergeser sedikit, bahkan pintu masih bisa dibuka.

Bagaimana dengan boneka demo? manekin yang berada di dalam kabin hampir tidak dapat terlihat karena tertutup kantong udara depan dan juga samping. Semua kantung udaranya mengembang dengan sempurna, manekinpun masih dalam keadaan utuh.

Selain itu dalam kabin tidak ada body dalam yang robek hanya pedal gas dan rem saja yang bengkok ke arah samping sedangkan posisi baterai dan perangkat sistem hibrida masih aman.

Pada kesimpulannya, Prius hybrid yang telah diproduksi terbilang aman bagi keselamatan pengendara, semua bekerja dengan cukup optimal.

No Comments

Post A Comment

WordPress Themes